SAINTEK 2018

Palembang – Dalam rangka memperingati hari jadi teknik elektro Universitas Sriwijaya diselenggarakan suatu kegiatan rutin setiap tahunnya yang diberi nama Gebyar Elektro Sriwijaya (GES). Pada tahun 2018 ini, untuk mengisi acara GES diadakan 5 (lima) kegiatan diwaktu yang berbeda. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah Kontes Islami, Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, Seminar Nasional Teknik Elektro (SAINTEK) 2018, IT Contest Tingkat Nasional dan yang terakhir Contest Robot Tingkat Nasional.

Puncak acara dan pembukaan GES 2018 berlangsung pada acara SAINTEK 2018. Dilaksanakan di Aula Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya jalan Padang Selasa Bukit Besar pada tanggal 13 November 2018, acara ini dihadiri lebih dari 300 peserta yang berasal dari mahasiswa, dosen serta masyarakat umum.

Mengusung tema “Peningkatan Daya Saing SDM Melalui Pelaksanaan Riset Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” hadir empat pembicara yaitu: (i) Dr. Mohd. Riduan Ahmad dari Universiti Teknikal Malaysia Malaka, (ii) Dr. Ir. Danny Mokhammad Gandana, M.Sc dari Badan Pengkaji dan Penerangan Teknologi (BPTT), (iii) Dr. Abdul Halim, M.Eng Sekretaris Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia, dan (iv) Ir. H. Eddy Ganefo, M.M sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

Acara dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, Prof. Ir. Subriyer Nasir, MS., Ph.D. Selanjutnya penyampaian materi dimulai pukul 09.30 wib. Untuk sesi yang pertama pemateri adalah Dr. Mohd Riduan bin Ahmad dan Dr. Ir. Danny Mokhammad Gandana, M.Sc dimoderatori oleh Muhammad Abu Bakar Siddik, S.T., M.Eng.,Ph.D dan Dr. H. Iwan Pahendra Anto Saputra, S.T., M.T. Setelah Ishoma pada pukul 13.00 wib dimulai sesi kedua dengan dengan pemateri Dr. Abdul Halim, M.Eng dan Ir. H. Eddy Ganefo, M.M., sedangkan moderator adalah Dr.Bhakti Yudho Suprapto, S.T., M.T dan Iwank Riady, S.T. Acara berakhir jam 15.30 wib, ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan pembagian sertifikat untuk peserta seminar.

Acara ini terselengara dengan baik atas kerjasama yang sinergi antara HME, IATE, dan Jurusan Teknik Elektro yang didukung oleh Aspeknas, Gataki dan Astekindo.

Author