Teknik Telekomunikasi dan Informasi (Telecommunication and Information Engineering)

Konsentrasi teknik telekomunikasi dan informasi adalah konsentrasi yang berfokus pada ilmu teknik telekomunikasi dan teknologi informasi. Lulusan yang dihasilkan diharapkan dapat bekerja dan bersaing di industri telekomunikasi secara global dan secara khusus memiliki kemampuan di bidang teknologi informasi. “Telekomunikasi” sendiri berasal dari dua kata, tele artinya jauh dan komunikasi yang artinya penyampaian informasi. Sedangkan pengertian “informasi” adalah data atau content penting yang memberikan pengetahuan yang berguna. Konsentrasi ini mempelajari semua aspek tentang bagaimana teknik berkomunikasi dalam jarak jauh dan teknik menyajikan content informasi secara cepat dan akurat dengan menggunakan teknologi yang selalu berkembang.
Pengetahuan yang dipelajari pada kosentrasi teknik telekomunikasi dan informasi adalah keilmuan interdisipliner, yang membutuhkan perpaduan antara pengetahuan yang mencakup bidang teknik elektro, ilmu komputer, manajemen informasi, kebijakan, serta ilmu-ilmu dasar sains dan matematika sebagai dasar dari ilmu rekayasa (teknik). Konsentrasi ini juga mempelajari rekayasa di bidang teknik telekomunikasi dan teknologi informasi dengan ruang lingkup rekayasa meliputi aspek-aspek yang terkait dengan teknologi, protokol, layanan, desain dan teknik pengiriman content informasi secara cepat dan akurat.
Para mahasiswa dalam konsentrasi ini diberikan kesempatan untuk belajar dan memperluas kemampuan mereka dalam analisis dan menyelesaikan masalah dalam bidang teknik telekomunikasi dan informasi. Mereka juga diharapkan siap dan mampu untuk merancang serta implementasi teknologi baru agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan dunia industri saat ini.”
Pada 4 (empat) semester pertama para mahasiswa diperkenalkan dengan ilmu -ilmu pengetahuan dasar sebagai dasar keilmuan sebelum mahasiswa memilih konsentrasi teknik telekomunikasi dan informasi. Ilmu-ilmu dasar tersebut meliputi ilmu fisika, kalkulus, menggambar teknik, pengenalan bidang teknik elektro, dasar komputer dan pemrograman, dasar sistem informasi, rangkaian listrik, dasar elektronika, matematika teknik, probilitas dan statistik, dasar analog dan digital, dasar sistem telekomunikasi, medan elektromagnetik, metode numerik, dan mikrokontroler.
Pada 4 (empat) semester kedua mahasiswa yang telah memilih konsentrasi teknik telekomunikasi dan informasi diberikan ilmu-ilmu pengetahuan bidang teknik telekomunikasi dan teknologi informasi. Ilmu-ilmu tersebut meliputi jaringan telekomunikasi, rekayasa perangkat lunak, komunikasi data, teknik penyambungan, pengolahan sinyal digital, teori informasi, antena dan propagasi, basis data, sistem komunikasi optik, sistem transmisi, rekayasa teletrafik, elektronika komunikasi, perancangan sistem informasi, perancangan sistem digital, manajemen industri dan kewirausahaan. Para mahasiswa juga diberikan pilihan untuk memilih mata kuliah pilihan sesuai dengan ilmu pengetahuan yang diminati yang akan digunakan untuk pembuatan tugas akhir, ilmu pengetahuan tersebut meliputi saluran transmisi, komunikasi satelit, komunikasi bergerak, kinerja sistem telekomunikasi, jaringan komputer, pemrograman berorientasi objek, kemanan sistem, kecerdasan buatan, internet web multimedia, arsitektur komputer, dan sistem kendali terdistribusi.
Terdapat beberapa praktikum yang ditempuh mahasiswa dalam menunjang ilmu konsentrasi teknik telekomunikasi dan informasi yaitu : praktikum fisika dasar, praktikum dasar elektronika, praktikum rangkaian listrik, praktikum dasar telekomunikasi, dan praktikum telekomunikasi lanjut.
Pada tahap pembuatan tugas akhir mahasiswa konsentrasi teknik telekomunikasi dan informasi dapat memilih judul dan tema sesuai dengan ilmu yang diminati dan dibimbing oleh dosen yang sesuai dengan pendalaman ilmu terkait. Tema tugas akhir tersebut meliputi ilmu teknik telekomunikasi dan teknologi informasi yang sedang populer di era revolusi industri 4.0 saat ini.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *