Teknik Tenaga Listrik (Electrical Power Engineering)

Konsentrasi Teknik Tenaga Listrik memiliki beberapa subkonsentrasi, yaitu Teknik Tegangan Tinggi (High Voltage Engineering), Sistem Tenaga (Power System) dan Mesin-mesin Listrik (Electrical Machinery). Sesuai dengan subkonsentrasinya, Konsentrasi Tenaga Listrik mempelajari hampir seluruh aspek yang berkaitan dengan sistem ketenagalistrikan.

Pada Semester V, mahasiswa yang mengambil konsentrasi ini akan mendapatkan mata kuliah yang khusus Konsentrasi Tenaga Listrik. Selanjutnya pada Semester VI, mahasiswa akan lebih difokuskan dengan mata kuliah pendukung subkonsentrasinya.

Untuk sub-konsentrasi Teknik Tegangan Tinggi, mahasiswa diberikan mata kuliah Proteksi Surja Petir, Dielektrik, Teknik Isolasi Tegangan Tinggi, Medan Elektromagnetik Lajut, dan Kesesuain Medan Elektromagnetik.

Sementara pada sub-konsentrasi Sistem Tenaga, mata kuliah yang diberikan adalah Analisa Sistem Tenaga, Transmisi Arus Searah, Keandalan Sistem Tenaga, dan Analisa Gangguan.

Selanjutnya untuk sub-konsentrasi Mesin-mesin Listrik sendiri, mata kuliah yang menjadi fokusnya yaitu Penggunaan Motor Listrik, Analisa Mesin-mesin Listrik, Proteksi Motor Listrik, dan Perencanaan Mesin-mesin Listrik.

Mahasiswa juga akan diberikan beberapa praktikum, yang bertujuan meningkatkan pemahaman mereka terhadap teori yang dipelajari serta mengasah keahlian mereka dalam menangani peralatan-peralatan dan komponen-komponen yang berkaitan dengan sistem kelistrikan. Praktikum-pratikum yang ditawarkan adalah Praktikum Teknik Tegangan Tinggi, Praktikum Mesin-mesin Listrik, dan Praktikum Distribusi Sistem Tenaga.

Prospek kerja bagi lulusan Konsentrasi Tenaga Listrik sangat luas. Bukan hanya perusahaan, hampir seluruh sektor lapangan kerja membutuhkan engineer listrik dalam pengoperasian mereka. Adapun beberapa prospek kerja yang menjanjikan, diantaranya :

  1. Perusahaan Pembangkit Tenaga Listrik, seperti PT PLN, Chevron, PT Indonesia Power, PLT Jawa-Bali, dan Independent Power Producer (IPPs).
  2. Perusahaan manufaktur komponen dan peralatan listrik.
  3. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anak perusahaannya (PT. PUSRI, PT. PERTAMINA Persero, Perusahaan Gas Negara (PGN), PT. Bukit Asam, P.T. Seman Baturaja, dll).
  4. Institusi pendidikan dan pelatihan (Universitas, dan Politeknik)
  5. Konsultan kelistrikan.
  6. Badan peneliti dan perencanaan (BPPT, LIPI, dll)
  7. Pabrik dan peraktitan otomotif (Astra International, dll)
  8. Perusahaan rekayasa dan pengembangan produk.
  9. Pabrik pemrosesan makanan
  10. Perusahaan berbasi teknologi tinggi seperti pesawat terbang.
  11. Perusahaan manufaktur peralatan rumah tangga. (mesin cuci, TV, radio, rice cooker, dll).
  12. Perusahaan minyak dan gas (Shell, Chevron, Medco, dll)
  13. Perusahaan pertambangan (Freeport, Halliburton, dll)
  14. dan anak perusahaannya serta perusahaan umum lainnya dengan sistem kelistrikan yang besar, seperti PT. PUSRI, PT. PERTAMINA Persero, Perusahaan Gas Negara (PGN), Mega Mall, Pabrik Tekstil, dan lain-lain.

Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya diharapkan mampu untuk bersaing dan berkonstribusi aktif dalam meningkatkan kualitas kehidupan manusia, khususnya di bidang kelistrikan. Mengingat listrik ini sendiri merupakan salah satu hal vital yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *